Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Indeks Berita

Dirbinmas Polda Banten Gelar Rapat Koordinasi Dengan Paguron Pencak Silat Wilayah Banten

Kamis, 09 Februari 2023 | 17:02 WIB Last Updated 2023-02-09T10:02:56Z



realitanews.co.id_Serang - Dalam rangka memperingati Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2023 M Polda Banten akan menggelar Seni Budaya Nusantara pencak silat, rapat tersebut  bertempat di Aula Serbaguna Polda Banten pada Kamis (09/02).


Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto didampingi AKBP Agus Rasyid dan diikuti oleh 

perwakilan Pendekar Banten, perwakilan Pencak silat PBNU Pagar Nusa, perwakilan Tapak Suci Muhammadiyah, TTKDH Cimande, Pecak Silat Macan Guling, Paguron Jalak Banten Nusantara, serta peserta rapat koordinasi lainnya.



Dalam kesempatannya Sofwan mengatakan 

maksud dan tujuan kegiatan tersebut. “Kita  bersama-sama menyamakan persepsi dalam menyambut Isra Miraj dengan menampilkan  ketetampilan masing-masing paguron. Diharapkan dari masing-masing paguron tersebut dapat menampilkannya dengan baik,” ucap Sofwan.


Kemudian Sofwan juga menyampaikan bahwa walapun penampilan ini berbeda-beda tetapi tetap tujuannya sama yaitu menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga perdamaian Banten. 


Selain ini, Sofwan menjelaskan dalam kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan dan menerima saran serta masukan bersama. “Kemudian kita bisa bersama-sama diskusi dan bertukar saran serta masukan untuk penampilan dari masing-masing paguron,” tutur Sofwan.


Sementara itu, AKBP Agus Rasyid selaku seksi panitia Isra Miraj dibidang pencak silat, debus dan golok. “Pencak silat sebagai budaya Indonesia yang harus dijaga, saat ini pencak silat dari berbagai perguruan di Banten duduk bersama untuk menyamakan persepsi dan menjaga persaudaraan, terlebih Banten memiliki senjata tradisional berupa golok Banten yang saat ini sedang diajukan sebagai budaya warisan dunia,” tutup Agus. (Red/Icha).