Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Indeks Berita

H.Alamsyah MK : Hari Lahir Pancasila Tak Sekedar Perayaan dan Keramaian Belaka, Baik Secara Esoteris Maupun Eksoteris

Kamis, 01 Juni 2023 | 11:00 WIB Last Updated 2023-06-01T04:00:32Z


Realitanews.co.id_KABUPATEN TANGERANG - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama Revolusi industri 4.0 dan Pancasila harus menjadi pondasi dalam perkembangan teknologi yang berkeIndonesian. Maka setiap Tanggal 1 Juni kita semua memperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.


Kini diusianya yang sudah memasuki 78 tahun ini, Dimata Ketua Umum LSM Geram Banten H.Alamsyah MK, mengingatkan betapa pentingnya Pancasila sebagai Dasar berbangsa dan bernegara.


Oleh sebab itu, dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Tangerang untuk merefleksikannya demi tercipta tatanan kenegaraan yang baik," jelasnya.


“Hari Lahir Pancasila merupakan hari lahirnya sebuah Dasar Ideologi dan konstitusi bangsa yang wajib untuk diperingati dan direfleksikan sebagai penanda jiwa kebangsaan kita. Dalam hal ini peranan sebagai anak bangsa, seperti pejabat dan penyelenggara Pemerintahan harus bisa menumbuhkan rasa Patriotisme kebangsaan kepada para penerusnya,” kata H.Alamsyah MK


Untuk tahun 2023 ini mengusung Tema cukup spesial yakni "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" dan  "Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia".(01/06/2023)


Menurutnya, para generasi penerus perlu ditanamkan pemahaman akan artinya jiwa patriotisme. Hal tersebut merupakan amanat dari para pendiri bangsa, dimana kebangsaan dan jiwa kenegarawan serta cinta tanah air melalui Pancasila harus terus di jaga, karena, Pancasila merupakan dasar - dasar kehidupan bangsa Indonesia," tegasnya.


“Pancasila tidak datang dengan Ide dan Gagasan secara tiba - tiba, melainkan dengan proses dan perjuangan yang begitu panjang. Tentunya, ini menjadi sebuah tantangan bagi kita, bagaimana cara kita kembali meneruskan kepada para generasi selanjutnya. Karena sikap kita saat ini merupakan cerminan yang akan menjadi pembakar semangat anak - anak di masa yang akan datang,” ucapnya.


Semakin kedepan kata H.Alamsyah MK, semakin kuat dan banyak desakan - desakan budaya asing yang dikemas melalui sebuah kepercayaan dan mencoba masuk ke Indonesia. Sebagai generasi penerus sudah sepatutnya kita menjaga dan melindungi budaya asli Indonesia," terangnya.


Mari kita semua seluruh aparat Pemeritahan, tokoh agama, tokoh masyakarat, kaum profesional dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai - nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang dicita - citakan


“Ingat, Indonesia memiliki Ideologi Pancasila yang tidak dimiliki oleh Negara - Negara lain. Meski beragam suku, bahasa, dan agama yang berbeda - beda, namun dengan adanya ideologi Pancasila, Indonesia tetap bersatu. Tetap semangat dan jaya bangsaku,” tutupnya



(Ariyanto)