Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Indeks Berita

Kapolres Pandeglang Hadiri Launching Program Konserpasi Terumbu Karang

Rabu, 07 Juni 2023 | 22:43 WIB Last Updated 2023-06-07T15:43:01Z


Realitanews.co.id, Polres Pandeglang - Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah menghadiri acara Launcing Program Konserpasi Terumbu karang 770 Rak Kawasan Pulau Liungan oleh PT. Telkom Indonesia tahun 2023 di Kampung Nelayan cipanon Ds. Tanjung jaya Kec. Panimbang Kab. Pandeglang, Rabu (07/06/2023).


Hadir dalam acara tersebut Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, DanLanal Banten/pembina FPTK Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, S.H, Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah, Wakil ketua DPRD Kab. Pandeglang TB. Asep Rafiudin Arief M. Ikom, GM. Telkom Banten M. Adam Widodo, Direktur Laz Harfa Banten Abdul Rafur, S. I. Kom, M.Si, Kepala Bidang pengelolaan sumber daya laut pesisir dan pulau pulau kecil Prov. Banten Bay Adam Hasyim, S. Pi, Kepala Basarnas Prov. Banten Adil Priyanto, Kasdim 0601 Mayor Inf Ruiyat, Kadis Perikanan Kab. Pandeglang H. Budi S. Januardi, S.Pt. M.M, Kadis Pariwisata Kab. Pandeglang Dra. Hj. Neneng Nuraeni, M. Pd, Kasat Pol PP Kab. Pandeglang Bubun Buntara, Camat Panimbang H. Kosasih, SKM, M. Si, Kapolsek Panimbang IPTU Asep Jamaludin, SH, Danramil Panimbang Kapten Inf. Subata, Stakeholder dan perwakilan masyarakat nelayan Ds. Tanjung Jaya dan Ds. Citeureup Kec. Panimbang.


Direktur utama LAZ Harapan Dhuafa Banten Abdul Rafur menyampaikan, "Potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Pandeglang ini sangat besar namun masih diperlukan pengelolaan yang tepat dan berkelanjutan agar bermanfaat untuk masyarakat, kemudian pengelolaan terumbu karang diharapkan dapat memberikan dampak kontribusi kepada masyarakat dan juga lingkungan, serta perlu kita jaga terumbu karang ini bila sudah di tanam karena nanti tumbuh akan ada kehidupan biota laut.”


R. Adam Widodo selaku GM Witel Banten mengatakan, Harapan kami semoga kegiatan ini bisa berjalan terus kedepannya,semoga program ini bisa meningkatkan ekonomi dan wisata serta bermanfaat bagi masyarakat dan diharapkan ekosistem terumbu karang semakin baik sehingga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat yang pendapatannya bersumber dari sektor wisata bahari maupun perikanan.


Kegiatan yang dilaksanakan itu juga mendapat sambutan dari Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, S.H (DanLanal Banten/pembina FPTK Banten).


Ekosistem terumbu karang merupakan salah satu obyek wisata dan pemulihan ekosistem terumbu karang dilakukan yang mengalami kerusakan akibat praktek penggunaan tangkap ikan dengan alat yang dilarang maupun bom ikan.


"Tugas kami adalah menjaga dan akan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar konservasi terumbu karang tetap terjaga, untuk mensukseskan kegiatan ini butuh kerja sama dan kolaborasi antara stakeholder dalam mengelola konservasi Terumbu Karang dan Konservasi terumbu karang diharapkan dapat menciptakan pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial dan lingkunga," ujarnya.


Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyerahan simbolis Rak transplantasi terumbu karang dari PT. Telkom Indonesia Tbk kepada Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita.


“Ini tentu menjadi motivasi kita semua untuk sama-sama menjaga agar terus berkelanjutan, jangan sampai keindahan laut dan keindahan alam tidak bisa dinikmati oleh generasi kita yang akan datang,” kata Bupati Pandeglang.


"Penanaman terumbu karang yang baru akan tetap diawasi pertumbuhannya mulai tiga bulan hingga satu tahun agar dapat bertahan dan tumbuh sebab terumbu karang butuh waktu lama untuk hidup," tambahnya.


Kendati penanaman terumbu karang sebagai salah satu solusi untuk menghidupkan kembali ekosistem laut sebagai bagian dari kehidupan ikan, namun yang perlu dicatat adalah pemeliharaan dan menjaga karang tersebut dari pengrusakan. "Kami berharap masyarakat dan para nelayan bisa menjaga terumbu karang dan tidak merusak hanya untuk mendapatkan hasil lebih. Mudah-mudah dengan ekspedisi ini semua pihak akan peduli akan lingkungan bawah laut," tutupnya.


Perlu diketahui bahwa ada 51 pulau yang ada di wilayah Prov. Banten dan 337 KM garis pantai dengan itu masyarakat pesisir agar menjadi garda terdepan untuk menjaga ekosistem laut.


Dalam akhir kegiatan dilakukan penandatanganan perjanjian komitmen masyarakat dalam perawatan dan pemeliharaan terumbu karang dan penyerahan Cinderamata dari masyarakat kepada PT. Telkom Indonesia Tbk atas bantuan konservasi terumbu karang.(*/Red)