Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Indeks Berita

Optimalkan Pelayanan Masyarakat, Wakapolda Banten Pimpin Asistensi Peran Polisi RW

Selasa, 08 Agustus 2023 | 20:03 WIB Last Updated 2023-08-08T13:03:27Z



Realitanews.co.id_Serang - Polda Banten gelar Asistensi Peran Polisi RW dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pemilu 2024 bertempat di Aula Serbaguna Polda Banten pada Selasa (08/08).


Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto melalui Wakapolda Banten Brigjen Pol. H. M. Sabilul Alif memimpin kegiatan Asistensi Peran Polisi RW yang didampingi Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Widiatmoko dan Sejumlah Pejabat Utama Polda Banten serta dihadiri sekitar 400 personel Polisi RW Polda Banten dan Polres Jajaran.


Dalam sambutannya Wakapolda Banten Brigjen Pol. H. M. Sabilul Alif menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut. “Tujuan dari pengembangan strategi Polmas, sosialisasi, dan asistensi bagi Polisi RW adalah untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat secara prediktif,” kata Sabilul.


Hal ini merupakan bagian integral dari fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), yang diharapkan dapat terwujud melalui peran aktif Polisi RW. "Pengembangan strategi Polmas dan Sosialisasi serta asistensi Polisi RW ini bertujuan agar personil Polisi RW dapat mewujudkan pembinaan masyarakat prediktif yang merupakan bentuk integritas semua fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas," papar Sabilul.


Dalam asistensi tersebut, Polisi RW diberikan pemahaman tentang pentingnya mengetahui permasalahan yang ada di wilayah kerjanya, termasuk potensi dan kerawanan yang berpotensi menjadi permasalahan yang lebih besar.


Polisi RW diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik mengenai potensi masalah tersebut, sehingga upaya penyelesaian dapat dilakukan sebelum permasalahan tersebut meluas.


Terakhir Wakapolda memberikan 8 penekanan kepada para Polisi RW. "Pentingnya etika dan profesionalisme, transparansi dan akuntabilitas, berpartisipasi aktif dengan masyarakat, menjadi problem solver yang handal, perkuat koordinasi lintas sektoral, manfaatkan teknologi dan media sosial, edukasi kepada masyarakat tentang Harkamtibmas, dan terakhir menghargai keanekaragaman," tegas Sabilul. (Bidhumas)


Sementara itu Karoops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono menyampaikan bahwa Polisi RW memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat khususnya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pemilu 2024. Dengan pengetahuan yang diperoleh melalui asistensi ini, diharapkan Polisi RW dapat lebih efektif dalam memberikan pengawasan dan mengatasi potensi gangguan Kamtibmas di wilayahnya. "Polisi RW harus mengetahui setiap permasalahan di wilayah kerjanya. Tak terkecuali potensi dan kerawanan yang mengarah pada permasalahan di permukaan. Polisi RW harus bisa mengkomunikasikan potensi masalah tersebut dengan baik. Harapannya, permasalahan bisa diselesaikan sebelum meluas," harap Dedy. (Red/Icha)