Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Indeks Berita

Bangga Menjadi Seorang Jurnalis

Jumat, 06 Oktober 2023 | 18:09 WIB Last Updated 2023-10-06T11:39:15Z


RealitaNews.co.id_Cisoka, Tangerang - Jurnalis atau kewartawanan sebuah provesi yang sangat mulia dan luar biasa sebagai pilar ke 4.


Peran Jurnalis sangatlah penting untuk mempublikasikan segala sesuatu apa yang sedang terjadi disekitar kita


Contoh Berbagi macam kejadian yang ada disekitar kita dalam menginformasikan pada masyarakat yaitu tentang ekonomi, sosial , budaya, dan kriminal.

Jumat, 6 Oktober 2023.


Menurut Agi Prakat Raharja, S.Kom., selaku Pimpinan Media RealitaNews.co.id dalam penjelasannya, Agi sangatlah bangga menjadi seorang jurnalis/kewartawanan karena menjadi seorang jurnalis itu tidaklah mudah, jurnalis harus bisa beradaptasi dengan sekitar baik diinstansi pemerintah atau dikalangan masyarakat, menjadi Jurnalis sangatlah luar biasa bisa mengetahui apa yang terjadi dan bisa lebih belajar membaca karakter seseorang, mendapatkan ilmu ilmu yang ada disekitar, bisa bersilaturahmi dengan banyak kalangan baik dari kalangan pejabat pemerintah, instansi negara yaitu TNI POLRI, para tokoh, ulama dan masyarakat.


Seorang Jurnalis tidak ada batasan dengan siapa mereka bergaul dan bertemu untuk mendapatkan sumber berita yang akurat dan berimbang sesuai UU No 40 tahun 1999 yaitu kemerdekaan pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis, sehingga kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945.


Tertuang dalam BAB I di UU no 40 tahun 1999 tentang Pers, Ketentuan umum 


Pasal 1 Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.


Agi Prakat Raharja, S.Kom., Mengatakan


" Saya pribadi bangga dengan provesi yang saya Emban saat ini menjadi seorang jurnalis,  bisa menggali ilmu ilmu dilapangan dan bertemu langsung dengan sumber dilapangan tanpa adanya batasan untuk keakuratan data dalam menyampaikan berita berita yang bisa disajikan  kepada para pembaca baik masyarakat atau para instansi pemerintah ," Jelas Agi.


Masih bersama Agi " Contoh satu sisi yang sering terjadi  disekitar masyarakat yang pernah dialami oleh saya pada saat berada dilapangan saat melakukan peliputan contoh adanya rumah tidak layak huni, masyarakat yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan masyarakat tersebut sulit dalam pembiyayaan, disinilah jika kita ikhlas dalam melakukan pekerjaan kita dalam sebuah provesi Jurnalis, maka hal tersebut akan menjadi ladang ibadah untuk kita sebagai awak media.

Jika kita ingin membantu selalu banyak bermitra dengan baik, dengan unsur-unsur yang ada dalam bidangnya hal tersebut akan mempermudah akses untuk kita membantu ketika ada orang yang dalam membutuhkan pertolongan ," Ucapnya.


" Berbuat baik terhadap orang lain maka orang lain akan lebih baik terhadap kita ," Tutup Agi.(Red).