Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Indeks Berita

Anniversary AktualNews Berkolaborasi Dengan Forum Gajah Mada Mengadakan Santunan Anak Yatim di Dua Kecamatan

Sabtu, 10 Februari 2024 | 18:34 WIB Last Updated 2024-02-10T11:34:18Z
Foto : Anniversary AktualNews

Editor : Tri Wahyudi, RealitaNews.co.id_
Sabtu, 10 Februari 2024, Pukul 18 : 33 WIB


Tangerang, AktualNews - Santunan anak yatim merupakan suatu bentuk tindakan berbagi kasih atau pemberian bantuan sosial, kepada anak yang ditinggalkan ayahnya dan ini sangat dianjurkan agama Islam. Dalam agama Islam anak yatim mendapat begitu banyak keistimewaan. Ada banyak sekali manfaat dan keutamaan menyantuni anak yatim yang bisa mendatangkan berkah untuk kehidupan kita. Sabtu 10 Februari 2024.


Yatim berasal dari bahasa Arab, artinya anak kecil yang kehilangan ayahnya karena meninggal. Dalam Islam, artinya pun sama dan bahkan dilengkapi dengan batasan umur bagi seseorang yang masuk dalam kategori yatim tersebut.


Pengertian tersebut bukan tanpa alasan, karena sesungguhnya kebutuhan anak yatim tentu saja sama seperti kebutuhan anak-anak lainnya. 

Secara materi, anak yatim juga memiliki hak mendapatkan kebutuhan pangan, sandang, papan, dan pendidikan yang layak seperti anak-anak pada umumnya.


Sedangkan secara psikis, anak yatim juga memiliki hak yang sama untuk disayangi, diberi kasih sayang, dan digantikan peran ayahnya.


Dalam beberapa sumber bahwa menyantuni anak yatim itu hukumnya fardhu kifayah. Allah SWT dalam Al, Qur'an berfirman : Surat An-nisa ayat 36


"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri", (QS. An-nisa 36).


Pada Kesempatan ini, dalam rangka memperingati hari jadi Media Harian Online AktualNews yang ke 6 tahun, Biro Kabupaten Tangerang Berkolaborasi dengan Forum Gajahmada Banten (FGB) adalah Mitra Subdenpom III/4-2 Merak,  melakukan giat sosial menyantuni anak yatim di dua lokasi yakni di kampung santri, Desa Kemiri, kecamatan kemiri, Kabupaten Tangerang. Tepatnya di halaman pondok pesantren Roudhotul Muta'alim Kemiri dan di kampung Kebon Kelapa, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang atau di halaman masjid Nurul Huda. Sabtu, 10 februari 2024.



Turut hadir pada kegiatan sosial santunan yatim tersebut, Kepala Biro AktualNews Kabupaten Tangerang yakni Yunadin biasa disapa Bang Juan, beserta anggotanya Fakhori, Mulyadi, Suhermanroy dan Riyanto. Kemudian dari Forum Gajahmada Banten di wakili oleh Arda William. Serta para tokoh masyarakat Kampung Kebon Kelapa, Desa Ketapang, yaitu Ketua RW Kasjum, Ketua RT 01, Kasmin, Ketua RT 02, Jamaludin dan Ketua RT 03 Jaya.


Pada giat sosial memperingati HUT AktualNews ke 6 tahun, dengan menyantuni anak yatim, giat sosial ini mendapatkan apresiasi dari warga setempat. Baik dari keluarga besar ponpes Roudhotul Muta'alim kemiri yang mewakili, dan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Nurul Huda yakni Ustad Iman Gondrong. 


Ustad Iman selaku ketua DKM Nurul Huda, Desa Ketapang mengatakan pembukaan dalam sambutannya "Saya ucapkan terima kasih kepada Para Wartawan dari Media AktualNews, Kabupaten Tangerang, khususnya Kabiro Yunadin dan anggotanya, yang sudah memberikan santunan kepada anak yatim di kampung kami. Tentu saja sangat bermanfaat, semoga Allah membalas kebaikan para wartawan AktualNews dan juga kepada Forum Gajahmada Banten (FGB) Tangerang Raya semoga wasilah dari anak yatim yang di santuni mendapatkan keberkahan," ucapnya.


Disamping itu, Kepala Biro Media AktualNews kabupaten Tangerang yakni Jhuan mengatakan bahwa, puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan santunan yatim di moment hari jadi AktualNews yang ke 6 tahun.


"Saya ucapkan terimakasih kepada Panitia pelaksana khususnya anggota AktualNews Kabupaten Tangerang, yang sudah meluangkan waktu, dan moril serta materil untuk mensukseskan acara ini dan tak lupa kepada rekan-rekan Forum Gajah Mada Banten, Tangerang Raya, saya ucapkan terimakasih yang sudah berkontribusi banyak, dalam acara sosial santunan ade-ade kita anak yatim, sehingga acara berjalan lancar dan sukses," pungkas jhuan. 


Kemudian, Arda William yang mewakili Forum Gajah Mada Banten, Tangerang Raya menambahkan, "Mudah-mudahan kegiatan santunan yatim ini, kita semua mendapat kesempatan untuk melakukan hubungan sosial dengan baik dan membangun rasa kebersamaan serta menumbuhkan kepedulian terhadap sesama khususnya anak-anak yatim," Katanya.


Acara bertema "Berbagi Senyuman Dengan Anak Yatim" acara sosial yang berkolaborasi dengan AktualNews dan Forum Gajah Mada ini, sangat memberikan dampak yang positif di masyarakat. Acara berlangsung sangat khidmat walaupun hanya sederhana tetapi membawa senyuman anak yatim.


(Red/Agi)