Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Indeks Berita

Gelaran Pilkada Kabupaten Tangerang 2024, Drs.H.Moch Maesyal Rasyid, Diprediksi Akan Kuasai 5.448 TPS Zona Hijau di Kabupaten Tangerang

Minggu, 23 Juni 2024 | 11:08 WIB Last Updated 2024-06-23T04:08:53Z

 

Foto : Maesyal Rasyid, Diprediksi Akan Kuasai 5.448 
   TPS Zona Hijau di Kabupaten Tangerang

Editor : Tri Wahyudi, RealitaNews.co.id_
Minggu, 23 Juni 2024.


KABUPATEN TANGERANG - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024 nanti, sejumlah nama - nama figur tokoh besar muncul untuk memimpin wilayah Kabupaten Tangerang.


Mulai dari Mantan Wakil Bupati Tangerang periode 2019 -2024 H.Mad Romli (H.Ombi), Intan Nurul Hikmah, hingga Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Drs.H.Moch Maesyal Rasyid (Rudy Maesyal) serta Zulkarnain ikut meramaikan bursa dari jalur calon perseorangan (Independen)


Menyikapi hal itu Lembaga riset dan konsultan politik berbasis teknologi Big Data, PatraData merilis hasil simulasi kekuatan mesin politik di Kabupaten Tangerang.


Hasilnya, teknologi Algoritma Machine Learning dan Big Data Analytics menunjukan elektabilitas Drs.H.Moch Maesyal Rasyid mampu mengungguli H.Mad Romli untuk menjadi Calon Bupati Tangerang Periode 2024 - 2029.


Hal ini disampaikan Hasmin Aries Pratama, selaku Direktur Riset dan Pendampingan PratraData, yang menjelaskan jika Analitik dan simulasi ini dilakukan menggunakan Data Historis Pilkada dan Pemilu 2024 lalu.


"Selain itu PatraData juga memanfaatkan teknologi Pemetaan Geospasial untuk memahami distribusi dukungan di berbagai wilayah Kabupaten Tangerang," ujar Hasmin kepada Awak Media, (23/06/2024)


Artinya apabila nanti dalam Pilkada mendatang koalisi Demokrat, PAN, PKS, Gerindra dan PKB sepakat mengusung Drs.H.Moch Maesyal Rasyid, kemungkinan sebanyak 5.448 TPS diperkirakan mampu mendominasi dan menjadi zona hijau yang merupakan basis kuat untuk mendukung," ujarnya.


"Kemudian masih terdapat 1.772 TPS yang berada di zona kuning kompetitif dan sebanyak 1.796 TPS berada di zona merah atau yang dikuasai oleh lawan,"tegasnya 


Sementara untuk H. Mad Romli yang diusung oleh Partai Golkar dan PPP diproyeksikan hanya akan mengontrol sebanyak 3,890 TPS di zona hijau, juga masih akan bersaing di 2,395 TPS di zona kuning, serta menghadapi dominasi lawan di 2,731 TPS di zona merah," paparnya.


"Ingat ini hanya Simulasi yang dilakukan oleh PatraData yang menunjukkan dominasi Drs.H.Moch.Maesyal Rasyid di mayoritas TPS se-Kabupaten Tangerang," kata dia.


"Penguasaan di 5.448 TPS ini menunjukkan bahwa dengan dukungan koalisi Demokrat, PAN, PKS, Gerindra dan PKB , Maesyal Rasyid sangat kuat di berbagai wilayah strategis Kabupaten Tangerang," imbuhnya.


Sedangkan untuk Teknologi pemetaan Geospasial tersebut digunakan oleh PatraData tersebut memberikan gambaran rinci mengenai persebaran dukungan di berbagai wilayah, untuk memungkinkan strategi kandidat lebih terarah dan efektif. 


Dengan dominasi yang kuat di zona hijau, koalisi yang mengusung Maesyal Rasyid memiliki modal yang cukup signifikan dalam memenangkan Pilkada Kabupaten Tangerang pada 2024 nanti


"Analisis ini menunjukkan bahwa gambaran jika Drs H.Moch Maesyal Rasyid memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada jika strategi kampanye yang tepat diterapkan, terutama dengan dukungan kuat dari koalisi partai yang solid," tuturnya.


"Namun demikian perlu menjadi perhatian khusus juga, agar tetap harus memberikan perhatian pada zona kuning dan merah untuk memaksimalkan hasil pemilu," sambungnya.


Dengan simulasi berbasis teknologi tersebut diharapkan, dapat membantu masyarakat secara luas dalam memahami dinamika pemilih secara lebih baik lagi.


"PatraData memberikan pandangan yang komprehensif mengenai peta kekuatan politik di Kabupaten Tangerang di Pilkada 2024 mendatang," ucapnya.


"Semoga para pengamat politik dan tim kampanye untuk memahami dinamika pemilih dengan lebih baik," jelas Hasmin Aries Pratama mengakhiri 




(Red/Ariyanto)